12 Tanaman Herbal Yang Ampuh Untuk Menguatkan Imun Tubuh Selama Pandemi Covid

Isolasi Mandiri dengan pengawasan rutin dari pusat pelayanan kesehatan primer juga Kami juga menganjurkan pasien untuk mengikuti rekomendasi dari tim medis dan dokter yang menangani Anda. Data menunjukkan selama pandemi Covid-19, omzet produk herbal dan jamu di pasar international meningkat pesat hingga hampir 139 miliar dollar Amerika Serikat. Peningkatan omzet tersebut didorong tingginya konsumsi obat hingga suplemen herbal. Lebih lanjut Neni mengungkapkan menjaga imunitas tubuh dengan membiasakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, yang ditambah mengkonsumsi herbal/jamu berlisensi dapat menjadi cara mencegah terjangkit Covid-19. Peppermint digunakan sebagai ramuan obat yang diandalkan untuk mengobati gejala pilek dan flu. Rasanya yang pedas segar membantu melegakan pernapasan sehingga bisa mengembalikan fungsi penciuman dengan efektif.

Ternyata, sudah banyak ditemukan kasus bahwa obat antivirus favipiravir mampu mengontrol jumlah virus di dalam tubuh pasien Covid-19 yang menimbulkan kondisi paru-paru mereka kian membaik. Obat yang dikhususkan untuk pasien Hepatitis C dan HIV ini dinilai juga mampu mengatasi virus Corona sebab virus yang menyebabkan SARS dan Corona termasuk ke dalam kelompok virus yang sama. Selain mengatasi peradangan, dexamethasone juga bisa dikonsumsi untuk penderita autoimun dan reaksi alergi tertentu. Obat ini juga digunakan oleh para pasien kemoterapi dalam mengatasi keluhan pasca kemoterapi. Namun, para ahli sepakat untuk merekomendasikan beberapa obat covid, beberapa di antaranya merupakan obat yang digunakan saat mengatasi wabah SARS dan MERS. Menurut para ahli, belum ada obat covid yang benar-benar one hundred pc ampuh untuk melawan Covid-19.

Selama menjalani isolasi mandiri, Novel juga banyak mengonsumsi ramuan natural dan probiotik. Herbal lain yang bisa dikonsumsi pasien Covid-19 saat isolasi mandiri adalah madu. Madu bisa membantu mengatasi batuk yang umum dialami pasien corona bergejala ringan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan jamu sebagai pengobatan pendamping. Hal ini terkait dengan fungsi jamu sebagai agen promotif untuk meningkatkan imunitas, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Beberapa ramuan herbal untuk penderita covid

Meskipun dexamethasone diindikasikan sebagai obat yang mampu menghadapi pasien Covid-19 dengan gejala paling parah, tetapi obat ini belum bisa dikatakan sebagai obat yang mampu membunuh virus Corona dari dalam tubuh. Dexamethasone termasuk ke dalam golongan kortikosteroid yang bersifat antiradang. Tujuan obat covid yang satu ini untuk mengatasi peradangan yang akan menimpa pasien Covid-19. “Di tahap penyembuhan dokter akan mengobati gejala pasien, pasien diminta menjalani food regimen Bola Online ketat bergizi.

Hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya tukang jamu keliling, berbagai pengobatan alternatif tradisional , atau berbagai produk obat natural cina yang beredar di pasaran. Selain berpotensi sebagai antivirus, jamur Cordyceps juga bisa membantu meningkatkan kemampuan pernapasan. Saat ini tim dokter dan dan peneliti di Indonesia sedang bersiap melakukan uji klinis jamur ini pada pasien Covid-19 di Wisma Atlet, Jakarta. “Kami sudah menyiapkan protokol uji klinik di Wisma Atlet, untuk pasien, tinggal tunggu beberapa minggu,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Inggrid Tania. Pada 1978 penelitian etnobotani menyebutkan, benalu teh kering yang direbus airnya dapat diminum untuk menyembuhkan penyakit kanker rahim dan jenis kanker lainnya.