Baru 9 Persen Penduduk Sukoharjo Divaksin Covid

Hanya penerima vaksin yang diperbolehkan menunggu di area pelaksanaan vaksinasi. Keluarga yang bertugas mendampingi penerima vaksin tidak diperkenankan masuk ke space tempat vaksinasi berlangsung. Dalam konteks pandemi COVID-19, ada dua prioritas pertama yang harus divaksinasi menurut Windu.

Adapun contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi, misalnya, organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri, atau Veteran Republik Indonesia. Jika telah mendapatkan vaksin, lansia harus menunggu 30 menit di dalam mobil untuk observasi. Sebelum vaksin, lansia akan menjalani pemeriksaan skrining sesuai protokol Kemenkes guna memastikan kelayakan untuk mendapatkan vaksin Sinovac. Lansia yang tidak lolos skrining ini tidak boleh mendapatkan vaksin Sinovac.

Vaksin bagi lansia

Namun, mengingat populasi lansia merupakan populasi berisiko tinggi, maka pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati. Kelompok lansia cenderung memiliki berbagai penyakit penyerta atau komorbid yang harus diperhatikan dalam penggunaan vaksin ini. “Oleh karena itu, proses skrining menjadi sangat kritikal sebelum dokter memutuskan untuk memberikan persetujuan vaksinasi,” tegas Kepala Badan POM. Hasil uji klinis tersebut juga melaporkan tidak adanya efek samping serius pada penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia.

Begitu juga tenaga kesehatan yang bertugas, mereka pun turut dilengkapi dengan penutup kepala dan pakaian alat pelindung diri . Untuk saat ini sasaran vaksinasi covid19 adalah petugas pelayanan publik dan lansia. Demi menuntaskan goal tersebut, setiap fasilitas kesehatan dan titik vaksinasi melakukan vaksinasi bagi lansia.

Bio Farma telah memiliki kontrak impor 140 juta dosis bahan baku vaksin dari Sinovac. Program vaksinasi merupakan salah satu upaya mencapai kekebalan kelompok dengan goal penduduk yang divaksinasi sebanyak 70 persen. Lansia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Vaksin flu bisa mencegah flu dengan pemberian vaksin satu kali setiap tahun. Tubuh lansia butuh waktu sekitar dua minggu untuk merespons vaksin dan membangun kekebalan tubuhnya.