Kiat Sukses Berkuliah Sambil Bekerja Di Jerman

Setelah pulang kerja pukul 18.00 WIB, kamu seringkali masih harus berkutat dengan tugas kuliah yang harus diselesaikan. Kamu menyelesaikan tugas kuliah biasanya hingga pukul 24.00 WIB. Wajar Jadi, wajar saja saya tidak ada waktu untuk bersenang-senang seperti pemuda-pemudi kebanyakan lainnya. Ada kegiatan tertentu yang membuat jadwal Anda tidak fleksibel, misalnya saat Anda harus berada di dalam kelas dan di tempat kerja. Tentukan jadwal untuk mengerjakan PR dan belajar di luar waktu kuliah dan bekerja.

Fungsi tes ini adalah untuk mengetahui kemampuan seseorang jika dihadapkan dengan suatu kondisi tertentu. Selain itu tes ini juga berfungsi sebagai penilaian terhadap seberapa jauh seseorang menerka dan memahami hubungan kausalitas dari suatu masalah. Psikotes berasal dari kataphysicoyang artinya mental fisik yang dimiliki seorang manusia, sedangkan tes merupakan ujian.

Jelaskan secara rinci terkait jadwal perkuliahan, metode pertemuan belajar, ujian semester, dan sebagainya. Jangan sampai kamu harus bolos dari pekerjaan karena kewajiban perkuliahan tersebut. Maka saya selalu anjurkan untuk berhenti bersikap dengan perspektif korban. Jadilah orang yang bertanggung jawab, yang membebaskan diri mengatur respons yang akan dipilih dengan kesadaran atas resiko yang diambil pada setiap pilihan. Ketika kamu ingatkan tentang rentang ability yang mahasiswa butuhkan untuk memasuki dunia kerja, termasuk di dalamnya kemampuan bahasa Inggris, hampir semua mahasiswa terpana. Mayoritas mahasiswa yang mengambil 20 SKS, masih mempunyai sekitar 20 jam waktu tersisa dalam satu minggunya, apabila asumsinya waktu efektif adalah 40 jam dalam seminggu.

Namun, jangan sampai hal ini mengganggu kinerja dan kesehatan kamu ya. Hampir mirip dengan kuliah online, selain akhir pekan kamu bisa mempelajari materi kuliahnya di dashboard yang sudah disediakan. Pada dashboard tersebut kamu bisa obtain materi perkuliahan dan mempelajari materi dari video yang sudah disediakan. Ada juga jadwal live session dimana kamu bisa menggunakan layanan conference call untuk berdiskusi dengan dosen dan teman sekelas. Kalau kamu memiliki deadline tugas kuliah, maka gunakan waktu luangmu untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliahmu. Meskipun deadline tugas kuliah masih jauh, kamu juga harus cek, gaes, tentang seberapa sulit tugas kuliahmu.

Daftar prioritas yang dibuat juga bisa menjadi pengingat, bahwa kuliah sambil bekerja adalah pilihan hidupmu. Keduanya bisa mendatangkan keuntungan untuk masa depan kalian. Di antara kesibukan sehari-hari, kamu akan cenderung tergoda untuk tidak menjaga pola konsumsi dan budaya hidup sehat. Padahal, untuk dapat optimal dalam pekerjaan dan pendidikan, kamu perlu memastikan tubuh selalu dalam keadaan yang fit. Namun semuanya itu harus dijalankan sebaik mungkin agar tugas utama sebagai mahasiswa tidak terbengkalai. Hal itulah yang juga sempat dialami oleh mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret , Brian Nanta Kurnia.

Anggy Pradita kuliah jurusan bahasa Jerman dan Inggris, di Universitas Westfälische Willhem Münster, Jerman. Di universitas yang sama dia pun mengambil jurusan pendidikan. Selama menempuh studi, ia membiayai sendiri biaya kuliah dan hidupnya. Hal yang harus dibayar adalah biaya kuliah setiap semester, 235 euro. Biaya kuliah per semester ini sudah termasuk tiket transportasi.

Tujuannya, tentu saja agar kuliah dan kerja kamu berjalan lancar. Dalam kelas karyawan, kini mulai banyak kampus yang menawarkan kurikulum dengan metode Blended Learning yang menggabungkan antara kuliah online dan kuliah tatap muka. Banyak orang yang lebih memilih mengerjakan tugas di malam hari sebelum tidur.

Agar terbiasa dengan jadwal pengaturan yang baru, buat jadwal rutinitas harian yang harus Anda lakukan dan ikuti dengan baik. Kedua, bedakan antara hal-hal yang mendesak dan hal yang prioritas. Lakukan dulu pekerjaan yang mendesak sehingga Anda tidak ketinggalan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Apalagi di Indonesia yang sekarang ini masih sangat berorientasi pada pendidikan dan ijazah formal. Selain itu, ada beberapa suggestions kerja sambil kuliah yang harus dilakukan agar kuliah dan pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Namun, biasanya untuk Anda yang bekerja dengan jam karyawan pasti akan memprioritaskan pekerjaan terlebih dahulu sehingga Anda mengambil kuliah setelah jam pulang kerja atau Sabtu Minggu. Sebagian dari Anda yang menjalankan aktivitas kuliah sambil bekerja tentu memiliki alasan tersendiri. Alasan terbesarnya adalah karena tuntutan dan tujuan hidup hingga Anda mesti bertahan dan menjalankannya. Bekerja di kala kuliah kini bukan hal yang baru lagi bagi para mahasiswa ataupun pekerja.

Kalau kamu belum bisa mengerjakannya sepulang kerja, cobalah menuntaskan di pagi hari. Ingat kata Jim Stone—penulis buku dari Amerika Serikat—bahwa kebiasaan menunda akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Kamu ingin menempuh pendidikan tinggi, tetapi ekonomi terbatas? Atau mungkin, orang tuamu mewajibkan untuk mandiri ketika masuk universitas?