Rsud Prof Dr. Margono Soekarjo

Melansir dari World Health Organization , Covid-19 disebabkan oleh varian virus corona baru bernama SARS-Cov-2. Sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan bertindak sebagai pengawas uji klinis. Dua produk yang akan diuji klinis adalah Cordyceps militaris dan kombinasi natural yang terdiri dari rimpang jahe, serta meniran.

Terapi alternatif tersebut tidak kami sertakan karena hasilnya subjektif dan kurang kuat bukti uji klinis dan dasar ilmiahnya. Namun, bila Anda merasa nyaman menggunakan terapi tersebut, selama tidak ada kontra indikasi, kami tidak melarangnya. Saat ini, pusat pelayanan kesehatan dan tenaga medis tengah kewalahan. Sementara itu, hasil tes swab PCR bisa memerlukan waktu berhari-hari untuk sampai ke tangan Anda.

Herbal yang ditujukan untuk penderita covid

Bila dikaitkan dengan produk jamu untuk mengobati covid-19, sebenarnya kata Maya produk jamu sudah ditemukan sebelum covid-19. Jika jamu diklaim bisa menyembuhkan atau mengobati covid-19, maka produk jamu itu harus melewati tahapan uji praklinik hingga uji klinik. Ia mengungkapkan, obat dan suplemen herbal ini diharapkan tidak hanya untuk mengobati, Sweet Bonanza namun dapat digunakan sebagai pencegahan untuk orang dalam pengawasan dan pasien dalam pengawasan yang terindikasi Covid-19. Hasil hasil uji membuktikan Tolak Angin dapat meningkatkan limfosit T secara signifikan yang merupakan indikator meningkatnya daya tahan tubuh. Kalau soal tidak memiliki industri kimia murni untuk bahan baku obat, itu soal mudah.

BPOM telah melakukan pengujian untuk melihat potensi herbal dan jamu sebagai terapi komplementer atau melengkapi pengobatan standar Covid-19. Herbal yang selesai diuji disebut cukup aman dan memiliki hasil yang bermanfaat. Herbal lain yang bisa dikonsumsi pasien Covid-19 saat isolasi mandiri adalah madu.

Obat natural kedua adalah kombinasi herbal asli Indonesia terdiri dari rimpang jahe merah, daun meniran, herba sambiloto, dan daun sembung. Diawali dengan pengkajian ilmiah terhadap beberapa komoditas natural Indonesia yang diperkirakan memiliki aktivitas imunomodulator. Bertambahnya jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 setiap harinya membuat para pejuang medis harus berjuang lebih keras dibanding sebelumnya. “Ada prototipe dan datanya serta sudah memiliki izin edar dari BPOM,” kata Masteria. “Uji klinis ini berpotensi untuk menjadikan produk ekspor unggulan Indonesia,” ucap Handoko. Upaya disiplin warga untuk menerapkan protokol kesehatan sangat dibutuhkan dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Ini kan tanaman natural di Indonesia dan tumbuh banyak sekali, jadi kalau ini berhasil tentu kita enggak akan kekurangan komoditasnya,” kata Masteria. Qusthul Hindi atau Saussurea Costus, adalah natural yang kerap dijumpai dalam bentuk bubuk. Ia ini diyakini bisa memberikan efek antiinflamasi, antimikroba, dan analgesik atau pereda nyeri yang kuat bagi pasien.

Kalau memungkinkan, sediakan alat lain, seperti pengukur tekanan darah dan pengukur kadar O2 dalam darah , untuk membantu menilai gejala-gejala yang mengindikasikan hipoksia dengan lebih akurat. Perhatikan juga bila ada perubahan dari hari ke hari dalam urine dan buang air besar. Gunakan obat-obatan yang sudah Anda siapkan untuk mengurangi gejala-gejala yang Anda alami.