6 Ideas Mengatur Waktu Untuk Kamu Yang Berkuliah Sambil Bekerja

Selain kegiatan belajar di kelas atau praktikum di laboratorium, ada berbagai kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan ini sangat variatif dan berbeda bagi setiap mahasiswa. Misalnya ada yang bergabung dengan klub bakat dan minat, kelompok penelitian, hingga mendaftar sebagai asisten dosen. Ada pula mahasiswa yang mulai bekerja paruh waktu dan memanfaatkan segala kesempatan internship. Kesalahan yang banyak dilakukan orang-orang yaitu lupa memberi jatah libur pada tubuh. Banyak mahasiswa yang justru memaksakan kegiatan pada hari Minggu karena dapat dilakukan secara penuh.

Jika kamu masih ragu dan merasa perlu bimbingan, sebaiknya memakai jasa konsultan pendidikan. Keuntungannya jika kamu memakai jasa konsultan adalah kamu lebih mengerti kemampuan, minat, dan bakat diri sendiri. Disamping itu kamu juga memperoleh bimbingan untuk masuk universitas yang paling tepat dengan biaya yang minimal. Lain lagi pengalaman kalo kita datang untuk belajar program grasp di bidang Christian Education. Karena program ini di khususkan untuk mahasiswa asing maka persyaratan bahasa Korea tidak ada. Semua kelas diajar dalam bahasa Inggris oleh professor-profesor yang berkualitas.

Totalitas yang anda wujudkan akan dihargai sebagai sebuah bentuk kerja keras yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Mahasiswa yang kuliahnya cepat selesai belum tentu mahasiswa tersebut cerdas. Tetapi mahasiswa itu rajin dalam hal apapun baik dalam hal bimbingan ataupun dalam proses belajarnya. Sebenarnya tujuan utama seorang mahasiswa yaitu untuk kuliah dan bisa lulus tepat waktu. Tetapi memang tidak dapat dipungkiri bahwa organisasi yang ada di kampus akan membantu anda untuk bisa bersosialisasi di masyarakat. Selain itu, Anda harus membuat target yang ingin dicapai saat menjalankan kedua aktivitas tersebut.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Di tempat kuliah pun, kamu akan memiliki pertemanan yang luas. Banyak juga yang bisa kamu ambil hikmahnya dari teman-teman satu kampusmu. Kamu bisa bertukar pikiran mengenai tugas kuliah dengan teman-teman satu departemen.

Misalnya on-line course Dicoding, proyek-proyek dari kantor, maupun lainnya karena saya juga seorang freelancer. Ini saya lakukan hingga pagi lagi dan persiapan berangkat kuliah. Mengurangi nonton youtube atau netflix yang kadang bisa membuat lupa akan tugas/proyek yang harus diselesaikan. Merilis satu aplikasi di playstore tentang informasi program studi TI di Unhas yang juga berisi tentang knowledge-knowledge dosen seperti nama lengkap dan gelar, NIP dll.

Karena hal tersebut akan mengganggu jam tidur anda ketika pagi atau siang hari, bukan hanya itu aktivitas anda juga akan terganggu sehingga anda akan sulit untuk fokus saat beraktivitas. Tidurlah minimal 7-eight jam perhari dengan begitu waktu istrahat anda tidak akan bercampur aduk dengan waktu belajar anda. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mencegah bau mulut, bisa membuatmu tetap fokus buat bekerja sambil kuliah dan bantu kamu lebih #BeraniTunjukinDirimu.

Atur sebaik mungkin, jangan sampai stress karena akan membuat Anda mudah jatuh sakit. Kehidupan mahasiswa murni sangat berbeda dengan mahasiswa bekerja. Mahasiswa dengan status bekerja tentu saja memiliki lebih banyak tanggung jawab.

Skala prioritas akan membiasakan kita untuk hidup teratur, dan tidak menyia-nyiakan waktu. Apalagi ketika kita sudah menjadi orang yang sukses atau orang yang penting, pasti akan sibuk dan memiliki banyak sekali kegiatan bukan? Kita harus dapat mengukur, mana yang itu penting dan mana yang tidak. Ketika Anda sudah bisa menentukan mana prioritas Anda, maka dengan sendirinya Anda akan disiplin terhadap diri sendiri. Tak akan lagi ada aktivitas kuliahan yang bentrok dengan pekerjaan atau kurangnya jam istirahat.