Panduan Perawatan Di Rumah Untuk Suspek Dan Positif

Eucalyptus atau kayu putih merupakan tanaman herbal yang sejak dulu telah digunakan untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Para ilmuwan pun hingga kini masih terus mengupayakan segala kemungkinan termasuk menjajal pengobatan natural seperti obat lian hua atau minyak kayu putih yang sekiranya bisa digunakan untuk menyembuhkan COVID-19. Salah satunya ialah tanaman herbal blengke dan dringo yang memiliki khasiat luar biasa karena sudah dipakai sejak dahulu oleh para leluhur untuk mengatasi berbagai penyakit dan virus.

Selain itu pasien stroke juga perlu mengonsumsi tPA atau tissue plasminogen activator setiap kali serangan terjadi. Badan POM juga mengimbau untuk untuk tidak mudah terpengaruh hoaks obat lian hua untuk pasien COVID-19, terutama yang mengklaim dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini. Ditegaskan pula, dalam akun instagram dr.Adam Prabata, bila efektivitas obat lin hua belum terbukti. Ada juga tambahan hoaks obat lian hua untuk pasien dengan infeksi COVID-19, yang katanya dapat membantu mengurangi perburukan kondisi pasien yang terkena penyakit tersebut. Food and Drug Administration pada bulan Agustus 2020 lalu juga menyetujui penggunaan Lianhua Qingwen hanya untuk mengobati gejala dari COVID-19, tetapi tidak dapat mengobati virus COVID-19 sebagai manfaat obat lian hua. Apabila kamu memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah, biasanya obat covid ditanggung sendiri dan tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Beberapa ramuan herbal untuk penderita covid

Jadi cuci tangan dengan sabun terbukti paling ampuh meruntuhkan benteng virus. Dilihat dari struktur penyusunnya sabun mengandung zat seperti lemak yang dikenal sebagai amphiphiles . Tak lupa himbauan untuk selalu cuci tangan, melakukan Kong4D pemeriksaan suhu, dan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat publik. Agaknya sejauh ini cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah cuci tangan, sementara penyembuhan masih bersifat suportif.

Lalu jahe atau disebut jahe emprit karena berukuran kecil dan paling banyak dikonsumsi di Indonesia antara lain untuk bumbu masakan. Kemudian jahe merah, berukuran lebih kecil dan berwarna merah, tapi berasa paling pedas sehingga sering digunakan sebagai bahan obat. Tidak hanya virus corona, virus yang lain juga bisa ditangkal dengan meminum empon-empon. Sehingga masyarakat tetap sehat dan terbebas dari virus korona maupun virus yang lain.

Herbal lainnya yakni madu untuk membantu mengatasi batuk yang umum dialami pasien COVID-19 bergejala ringan. Walau begitu, efek madu pada replikasi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dan atau sistem kekebalan inang perlu diselidiki lebih lanjut melalui studi in vitro dan in vivo. Beberapa waktu lalu, beredar pernyataan pria yang mengklaim dirinya sebagai profesor dan mengaku menemukan obat natural untuk atasi virus corona. Manfaat kunyit putih, misalnya, salah satunya adalah untuk membantu penyembuhan kanker, sementara manfaat kunyit hitam adalah mengobati penyakit kusta dan menjadi campuran untuk bahan-bahan obat demam berdarah.

Dr. Karlina menambahkan, cara mencegah infeksi virus corona yang saat ini paling benar dan sudah terbukti secara ilmiah adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Selain itu, ia juga merekomendasikan penggunaan masker saat berpergian sekaligus untuk menjaga kebersihan. Mengetahui tanaman natural yang dianggap berpotensi mencegah virus corona memang tidak ada salahnya. Meski begitu, medical editor SehatQ, dr. Karlina Lestari mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap klaim tersebut. Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa memastikan manfaat empon-empon untuk mencegah infeksi virus corona.