Pemerintah Telah Miliki Kontrak Pembelian 270 Juta Dosis Vaksin Covid

Sebelumnya, Rosan menyebutkan bahwa pengusaha tertarik untuk menjual vaksin ke publik. Karena, ia yakin banyak yang akan membeli vaksin mandiri agar bisa segera divaksin. “Prioritas kita saat ini hanya memberikan vaksin gratis ke pekerja dan karyawan perusahaan beserta keluarganya,” ujar Rosan. Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia ini menambahkan, jika skemanya masih dapat diubah, pilihan lain yang bisa dilakukan pemerintah adalah menerapkan skema 70-30, yaitu 70 persen vaksin disubsidi pemerintah, 30 persennya lagi tidak.

Saat ini terdapat beberapa lembaga yang melakukan penelitian terhadap vaksin Merah Putih. Sementara itu, data penerima vaksin Covid-19 yang telah terverifikasi beserta penjadwalan vaksinasi masing-masing sasaran dapat diakses oleh petugas fasilitas pelayanan kesehatan melalui aplikasi Pcare Vaksinasi. Untuk memastikan tingginya Indeks Pemakaian vaksin, maka pihak puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya dapat menghubungi sasaran sebelum hari pelayanan untuk memastikan kembali terkait kedatangannya. Kelompok prioritas kelima yakni, peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran sekitar 86 juta orang dengan complete kebutuhan vaksin 173 juta dosis. Pemberian vaksin akan dilakukan dokter, perawat, serta bidang di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah, swasta serta institusi pendidikan. Vaksin yang diberikan adalah vaksin program imunisasi nasional yang diproduksi PT Biofarma yang sama efektifnya dengan vaksin impor.

Vaksin yang tidak mendapat subsidi ini nantinya dikhususkan bagi masyarakat yang masuk kategori mampu. Masing-masing vaksin dikembangkan dari platform berbeda, seperti protein rekombinen, viral vektor termasuk inactivated virus dan genetik menggunakan DNA atau MRNA. Penny menambahkan, efek samping yang dilaporkan dari uji klinis tersebut bersifat ringan dan tidak serius, yaitu nyeri, mual, demam, bengkak, kemerahan pada kulit, dan sakit kepala.

Tentu saja hal ini beliau lakukan untuk membuktikan bahwa vaksin tersebut memang benar bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh dan tidak berbahaya. Budi menyatakan penetapan besaran harga pembelian vaksin itu telah mendapatkan penilaian dari berbagai instansi seperti Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kemenko Perekonomian, LKPP, BPKP, akademisi/profesi/ahli, serta aparat penegak hukum. Jika memiliki penyakit paru , vaksinasi ditunda sampai kondisi pasien terkontrol baik. Untuk pasien TBC dalam pengobatan dapat diberikan vaksinasi, minimal setelah dua minggu mendapat obat anti tuberkulosis.

“Data yang dihimpun KIPI tidak ada sama sekali, sebab almarhum tiba di rumah sakit sudah wafat. Dokter juga tidak sempat memeriksa lebih jauh. Datanya tidak ada sama sekali,” ujar dia. Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 AstraZeneca tahap pertama di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5). Sejak 5 Mei lalu, complete jumlah kelompok rentan yang sudah divaksinasi gelombang tiga sekitar 142 ribu jiwa.

Vaksin dari pemerintah

Cek jadwal vaksin COVID-19 juga bisa dilihat dari petunjuk teknis resmi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI. Dari daftar prioritas tersebut, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menyebut semua kelompok harus mendapat vaksin yang terjamin keamanannya. Limbah berupa botol bekas vial vaksin yang tidak dimusnahkan membuka celah untuk diperjualbelikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, pengawasan Rumah Sakit perlu diperketat dan diatur secara lebih detil. lni merupakan bagian dari upaya untuk mengembalikan tanggung jawab profesional dan fungsi rumah sakit yang seharusnya menolong kemanusiaan , bukan merusak kesehatan manusia. Kementerian Kesehatan telah meminta BPOM untuk melakukan uji laboratorium kandungan isi dari terduga vaksin palsu dari barang sitaan Bareskrim.